Megawati Khawatir Kondisi Indonesia Jika Dia Sudah Tidak Ada

VONMAGZ, JAKARTA- Megawati Soekarno Putri selaku Ketua Umum Partai Demokrasi Indoensia Perjuangan (PDIP) mengatakan khawatir dengan kondisi negara Indonesia yang menurutnya terbawa oleh arus dunia seperti Amerika dan Australia. Ia menyampaikan hal tersebut saat menjadi pembicara di Seminar Nasional Forum rektor Penguat Karakter Bangsa secara virtual, Rabu (1 Juni).

Photo Courtesy of Getty Images


"Masa kita mau ngikutnya ke Barat mulu, lho, dari sisi budaya seni itu yang namanya Timur itu luar biasa lho. Yang disebut orang Amerika itu orang asli Amerika, kan nggak. Mereka itu kan orang dari Inggris sebagai penjahat dibuang ke sana. Di australia juga gitu, kan Aborigin. Selandia Baru. Mau kita dibegitukan? Coba dong, jangan merasa, saya bilang sama Sekjen saya, nih, kok bangsaku udah terlalu nikmat dengan zona nyaman, lho, aku udah khawatir, lho. Nanti kalau saya udah ndak ada terus piye yo, gimana yo" kata Megawati.


Megawati menambahkan dan mengingatkan kepada generasi muda bahwa penjajahan berpotensi kembali terjadi akibat krisis pangan dunia, seperti perkiraan oleh para ahli lingkungan. Menurutnya, Indonesia yang memiliki kekayaan alam dan pangan bahkan tanpa dipengaruhi oleh musim salju berpotensi untuk kembali dijajah oleh bangsa-bangsa yang ingin memenuhi kebutuhan pangan-nya di tengah krisis.


"Kenapa bisa kembali (dijajah)? Sudah banyak ahli lingkungan yang mengatakan bisa terjadi kekurangan pangan di dunia. Kita ini kan negara kaya, tapi apa mau dijajah lagi?" tambah Megawati.

0 comments