Pengemis Asal Sulawesi Punya Tabungan Rp490 Juta

Updated: Jun 7

VONMAGZ, JAKARTA - Lutfi Haryono, warga Kota Gorontalo, Sulawesi Utara viral setelah foto buku tabungannya tesebar di internet dan menjadi pembicaraan netizen. Bahkan, sebuah media berbahasa melayu dari Malaysia, Harian Metro, juga turut memberitakan hal tersebut pada laman web mereka Senin (6/6) dalam artikelnya yang berjudul “Pengemis Terkaya”. Buku tabungan dari Bank Mandiri dan Bank Sulutgo tersebut menunjukkan nominal yang tidak sedikit sehingga menjadi kegaduhan netizen, hal yang mengejutkan adalah pekerjaan sehari-hari Lutfi, sang pemilik buku tabungan, adalah pengemis.

Photo Courtesy of Harian Metro

Setelah menjadi viral, Lutfi kemudian dipanggil oleh lurah setempat dengan didampingi dua orang polisi pada Kamis (2/6). Juru Bicara Polisi, Bripka Romi, menyatakan bahwa Lutfi mengakui kisah yang beredar bahwa kedua buku tabungan tersebut adalah miliknya. Ia mengaku menyimpan uang sebanyak Rp 490 Juta di kedua bank tersebut, namun uang tersebut tidak hanya didapatkan dari mengemis tetapi ia juga bekerja di sebuah rumah makan.


Menurut penuturannya kepada Bripka Romi, Lutfi telah mengemis lebih dari 13 tahun setelah berpisah dengan istrinya. Disampaikan pula Lutfi kerap kali memaksa warga untuk memberikan uang. Namun berdasarkan artikel yang ditulis Harian Metro, Lutfi terlah berniat untuk berhenti menjadi pengemis dan hendak membuka usaha serta tidak akan kembali mengulangi perbuatannya.

0 comments