Mahfud MD Mengatakan BIN dan Polri Sudah Mengetahui Identitas Hacker Bjorka

VONMAGZ, JAKARTA- Mahfud MD selaku Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan mengatakan bahwa pihak Bin dan juga Polri sudah mengetahui siapa sosok di balik hacker Bjorka, tapi belum bisa diungkapkan ke publik. Hal itu disampaikan langsung oleh Mahfud MD saat konferensi pers pembentukan Satgas Perlindungan Data di Kantor Kemenko Polhukam pada Rabu (14 September).

Photo Courtesy of Okezone Nasional


"Kita terus menyelidiki sampai sekarang ini memang gambaran-gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri, tapi belum bisa diumumkan gambaran-gambaran siapa dan di mananya kita sudah punya alat untuk melacak itu semua. Dari hasil kesimpulan tadi apa yang disebut Bjorka ini sebenarnya tidak punya keahlian atau kemampuan membobol yang sulit-sulit itu, hanya ingin memberi tahu kepada kita, menurut persepsi baik kita, ingin memberi tahu bahwa kita harus hati-hati bahwa kita bisa dibobol dan lain sebagainya. Tapi sampai saat ini tidak" kata Mahfud MD.


"Motifnya ternyata juga gado-gado, ada yang motif politik, ekonomi, motif jual-beli, dan sebagainya. Sehingga juga yang motif-motif kayak gitu tuh sebenarnya tidak ada yang terlalu membahayakan. Yang (disampaikan oleh Bjorka) ini ndak ada, yang ini cuma data umum yang sifatnya perihal surat ini perihal surat itu yang isinya sampai detiki ini belum ada yang dibobol" tambah Mahfud.

0 comments