Logo Halal Lama Masih Bisa Digunakan Masyarakat Hingga 5 Tahun Mendatang

VONMAGZ, JAKARTA- Yaqut Cholil Qoumas selaku Menteri Agama RI mengatakan bahwa label halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah tidak berlaku setelah label halal baru diterbitkan oleh BPJPH. Namun di sisi lain, Amirsyah Tambunan selaku Sekjen MUI menyatakan bahwa masyarakat masih bisa menggunakan logo MUI hingga 5 tahun kedepan yang berarti bisa dipakai sampai tahun 2026 mendatang. Dan tentang peraturan dan fatwa halal, masih berdasarkan fatwa MUI.


"Pelaksanaan UU No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal yakni PP No 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal. Pada pasal 169 ketentuan peralihan masih boleh pakai logo MUI sampai 5 tahun setelah PP dikeluarkan" kata Amirsyah, Minggu (13 Maret). "Logo lama masih bisa berlaku sampai batasnya sesuai ketentuan dan masih bisa beredar sampai 2026 sepanjang stok produk lama masih ada" tambah Kepala BPJPH Muhammad Aqil, seperti yang dilansir oleh Kompas.com.


Aqil juga mengatakan bahwa untuk sertifikat halal yang telah diterbitkan oleh BPJPH bakal menggunakan label halal yang baru. "Secara bertahap. KIta pilah ya, untuk pertama logo lama masih berlaku sampai batasnya sesuai ketentuan, kedua sertifikat halal yang diterbitkan dan akan diterbitkan BPJPH, akan menggunakan label halal baru ini" kata Aqil.

0 comments