top of page

Leica Berumur 1 Abad Terjual Senilai Rp 222 Miliar

Updated: Jun 21, 2022

VONMAGZ, JAKARTA - Sebuah kamera berusia hampir satu abad terjual dengan harga Rp 222 miliar.


Photo Courtesy of Instagram @leicacamerausa


Dalam acara pelelangan di Leitz Photographica ke-40, kamera Leica 0-series No. 105 laku terjual dengan harga fantastis. Merk Leica memang terkenal dengan harganya yang tinggi sebab diproduksi dengan bahan yang juga berkualitas tinggi ditambah lagi Leica dikenal dengan produk buatan tangan asal Jerman. Selain itu Leica juga memiliki jumlah unit prodüksiyon yang terbatas sehingga memiliki nilai khusus bagi pecinta kamera kaum menengah ke atas yang membuat harganya menjadi lebih tinggi dari standar.


Namun, Leica 0-series No. 105 agak berbeda. Sebab, kamera ini adalah unit prototipe untuk kamera 35 milimeter pertama di dunia. Sebelum terjual di pelelangan, Leica 0-series No. 105 dimiliki oleh seorang insinyur dari perusahaan Leitz yang sekarang berubah nama menjadi Leica bernama Oskar Barnack. Kamera Leica 0-series No. 15 diproduksi pada tahun 1923 setelah Perang Dunia (PD) I meletus dengan nama sang insinyur terukir di bagian atasnya.


Berawal dari sana, Leica 0-series No. 105 turut mempengaruhi perkembangan kamera 35 milimeter di masa depan. Dikutip dari situs Leitz Photographica, kamera ini pada awalnya diproduksi sebanyak 22 buah pada tahun 1923 sebelum dikomersialkan. Namun sayang, hanya 12 buah Leica 0-series No. 105 yang masih bertahan hingga saat ini. Dan, milik Oskar Barnack adalah salah satu yang dapat disebut kamera bersejarah.

0 comments
bottom of page