Langkahi Microsoft, Oracle Berhasil Menangkan Penawaran Beli TikTok

VONMAGZ, Jakarta- Perusahaan Oracle dilaporkan telah memenangkan perang penawaran dengan Microsoft untuk membeli aplikasi TikTok di Amerika Serikat. Berita tentang kesepakatan Oracle tersebut terjadi hanya satu jam setelah tawaran Microsoft ditolak oleh pemilik TikTok. Kesepakatan dua perusahaan antara Oracle dan TikTok ini dimaksudkan untuk mengurangi kekhawatiran keamanan nasional dan data administrasi milik presiden Donald Trump.

Jaden Urbi/WSJ


Oracle sendiri berencana akan melakukan operasi besar besaran kedepannya. Sebelumnya mereka telah bekerja sama dengan Zoom dan berhasil membuat perubahan yang sangat signifikan. Jika Oracle ingin mewujudkan kemitraan yang sama dengan TikTok, tentu mereka bisa mendapatkan klien yang sangat potensial. Seorang Constellation Research bernama Holger Mueller mengatakan kepada TechCrunch bawa Oracle dapat mendongkrak angka pengguna TikTok lebih tinggi daripada Microsoft. "Kalau Microsoft bisa mendongkrak angka pengguna TikTok antara 2 hingga 5 persen, sedangkan oracle mampu mencapai 10 persen" ungkapnya. Kemenangan oracle ini jelas merupakan pukulan bagi Microsoft yang telah mengejar TikTok selama berminggu minggu. Beberapa analis menyebut bahwa pengejaran yang dilakukan Microsoft atas TikTok berpotensi kudeta dan berpeluang untuk merebut salah satu platform media sosial yang berkembang paling cepat di dunia.


Namun di sisi lain, Kementrian Luar Negeri China menolak untuk memberikan komentar tentang kemitraan Oracle ketika ditanya oleh karyawan pada konferensi pers regular dan sebaliknya memberi kritikan tentang kampanye Amerika Serikat terhadap TikTok. "Tanpa bukti apa pun dan dengan dalih keamanan sosial, mereka menyalahgunakan kekuasaan negara dan melakukan penindasan dan intimidasi yang tidak masuk akal terhadap perusahaan non-AS yang telah mencapai keunggulan di bidang tertentu" ungkap salah satu juru bicara bernama Wang Wenbin. "Kami akan dengan tegas mendukung perusahaan yang relevan untuk menjaga hak dan kepetingan yang sah" tambahnya.

0 comments
  • Instagram