KPK Usut Kasus Dugaan Korupsi Formula E

VONMAGZ, JAKARTA- KPK Dilaporkan mulai mengusut adanya dugaan korupsi dalam acara balapan Formula E yang rencananya akan diselenggarakan tahun depan di Jakarta. Sejumlah pihak sudah diperiksa oleh KPK.

Foto: Detik


"Formula E sudah ada beberapa pihak yang sudah dipanggil atau dilakukan klarifikasi. Sudah ada beberapa mungkin para tugasnya sudah melakukan kegiatan pengumpulan data informasi termasuk juga dokumen" kata Setyo Budiyanto selaku Direktur Penyidikan saat konferensi pers di gedung KPK, Kamis (4 November).


Menggapi hal tersebut, Ahmad Riza Patria wakil gubernur DKI Jakarta mengatakan semoga pemeriksaan itu tidak mengganggu event formula E. "Tentu harapan kita semua tidak akan ada masalah dan mudah mudahan tidak mengganggu proses Formula E di tahun 2022. Yang pasti semua program program di DKI Jakarta melalui proses panjang, mulai dari perencanaan, pengusulan dari pemprov sampai pembahasan di DPRD dan sampai persetujuan penetapan bersama DPRD. Jadi tidak ada program yang ujug-ujug begitu. semuanya berproses" kata Ahmad Riza. Ia menambahkan bahwa pihaknya akan menghormati proses hukum yang akan dijalani.


Pengusutan kasus dugaan korupsi Formula E ini ditindak lanjuti karena adanya laporan daru masyarakat, seperti yang disampaikan oleh juru bicara KPK, Ali Fikri, "Kegiatan ini tentu sebagai tindak lanjut dari informasi yang disampaikan masyarakat ihwal penyelenggaran Formula E di DKI Jakarta kepada KPK. Namun, karena masih proses awal pengumpulan bahan keterangan, maka materi penyelidikan tidak bisa kami sampaikan saat ini" kata Ali.

0 comments