KPK Mohon Doa Agar Tidak Kena Serangan Hacker Bjorka

VONMAGZ, JAKARTA- Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan kepada wartawan dan meminta doa agar KPK tidak menjadi serangan hacker Bjorka. Ia juga berharap agar KPK bisa mencegah pembobolan data yang dilakukan oleh sang hacker.

Photo Courtesy of Bjorka


"Mudah-mudahan seandainya pun disasar KPK mampu untuk menangkalnya, mohon doanya. KPK sampai saat ini belum menemukan bahwa KPK salah satu instasi yang informasi dan datanya dibobol oleh Bjorka sejauh ini, dan mudah-mudahan ke depan KPK tidak menjadi sasaran" kata Ghufron di Gedung Merah Putih KPK kepada wartawan.


Seperti yang diketahui, hacker Bjorka sendiri mengklaim bahwa pihaknya berhasil membobol surat dengan label rahasia milik Jokowi yang dikirimkan ke BIN pada periode 2019-2021. Bjorka juga membocorkan identitas pejabat-pejabat politik hingga miliaran data masyarakat Indonesia. Atas bocornya data-data tersebut, pemerintah membentuk tim khusus untuk menjaga keamanan data yang bocor dan viral di media sosial.


"Jadi akan ada emergency response tim dari BSSN, Kominfo, Polri, dan BIN untuk melakukan asesmen-asesmen berikutnya. Kita baru aja rapat internal dihadiri kementerian/kembaga terkait dipimpin langsung oleh Bapak Presiden, Bapak Wakil Presiden, dan Pak Menko Polhukam. Di rapat, dibicarakan bahwa memang ada data-data yang beredar oleh salah satunya Bjorka, tetapi data itu setelah ditelaah sementara adalah data-data umum, bukan data-data spesifik. Sebagian data-data yang lama hanya tim lintas kementerian/lembaga, BSSN, Kominfo, Polri, dan BIN juga berkoordinasi untuk menelaah secara dalam" kata Johnny G Plate selaku Menkominfo kepada Wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (12 September).



0 comments