Komnas Perempuan Mengatakan Putri Candrawathi Berulang Kali Mengatakan Ingin Mati

VONMAGZ, JAKARTA- Andy Yentriyani selaku Ketua Komnas mengatakan bahwa Putri Candrawathi, istri dari tersangka Ferdy Sambo berulang kali mengatakan ingin mengakhiri hidup karena dugaan pelecehan seksual yang dialaminya. Putri berulang kali mengatakan ingin mati dan menyalahkan dirinya sendiri karena dugaan pelecehan tersebut.

Photo Courtesy of Lambe Turah


"Posisi sebagai istri dari seorang petinggi kepolisian pada usia yang jelang 50 tahun, memiliki anak perempuan, maupun rasa takut pada ancaman dan menyalahkan diri sendiri, sehingga merasa lebih baik mati. Ini disampaikan berkali kali" kata Andy, dilansir CNN Indonesia.


Andy bersama dengan tim Komnas Perempuan kemudian menyarankan akan memberikan pendampingan psikologi kepada Putri agar tidak merasa tertekan saat menyampaikan keterangan. "Kami selalu mengatakan, ayo kasih kita waktu untuk pendampingan psikologis supaya ini nanti kita bisa ambil keterangan lebih baik. Keengganan pelapor untuk melaporkan kasusnya sedari awal itu karena merasa malu dalam pernyataannya, takut pada ancaman pelaku dan dampak yang akan mempengaruhi seluruh kehidupannya. Kami menemukan bahwa ada petunjuk-petunjuk awal yang perlu ditindaklanjuti oleh pihak penyidik, baik dari keterangan P, S, maupun asesmen psikologi tentang dugaan peristiwa kekerasan seksual ini" tambah Andy.

0 comments