Kominfo Ingin Buat Search Engine Sendiri Untuk Gantikan Google Bernama 'GatotKaca'

VONMAGZ, JAKARTA- Johnny G Plate selaku Menteri Kominfo mengatakan bahwa ingin memiliki search engine yang mirip Google. Namun Johnny mengatakan keinginannya tersebut belum ia siapkan karena waktu dan biaya yang diperkirakan cukup banyak sementara saat ini Indonesia masih berfokus pada penanganan Covid-19.

Photo Courtesy of Detik.com


"Lebih susah lagi karena sangat besar dan mahal. Idealnya untuk ke independensi tentu punya search engine. Ada banyak negara yang mempunya search engine, Amerika Serikat, Tiongkok, Rusia, Prancis, punya masing-masing. Namun kami tentu suatu saat nanti kalau bisa mempunya search engine kan baik juga. Saat ini kami belum menyiapkannya karena memang kami punya waktu dan biaya, selama ini kan lebih banyak perhatiannya untuk menangani Covid-19" kata Johnny lewat konferensi pers di kantor Kominfo pada Senin (8 Agustus).


Sementara lewat wawancaranya di podcast Deddy Corbuzier. Johnny juga mengungkapkan nama untuk rencana search engine tersebut. "Saya pada saat menjadi menteri pertama saya panggil tim. Saya panggil tim, bisa enggak kita membuat search engine. Name it Gatotkaca" kata Johnny Kepada Deddy.


Bukan hanya search engine, Johnny juga ingin berencana untuk membuat SuperAppps untuk pemerintah, seperti yang dilansir oleh CNBC Indonesia. "Ini super aplikasi ini begini, kan ada beberapa aplikasi pemerintah yang besar, yang saat ini sudah berfungsi dengan baik. Ya itu tidak perlu dirombak gitu. Itu tinggal diintegrasikan, misalnya di aplikasi keuangan, kementerian kesehatan, atau ada beberapa sekitar 8-10 aplikasi besar itu tinggal disatukan" tambah Johnny.

0 comments