top of page

Kominfo Ancam Blokir LinkedIn, DoTA, Epic Games Jika Tidak Daftar PSE Dalam Waktu 4 Hari

VONMAGZ, JAKARTA- Kementerian Komunikasi dan Informatika saat ini memberikan waktu lima hari bagi perusahaan yang belum mendaftar Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dan akan diblokir jika tidak dilakukan. Kominfo sudah merekapitulasi daftar PSE dari 100 perusahaan dengan traffic tertinggi termasuk LinkedIn, game online DoTA dan Counter Striker, Platform game Steam, Epic Games, Opera, hingga Yahoo.

Photo Courtesy of Sekretariat Kabinet


"Kami akan memberikan waktu lima hari kerja, kalau mereka tidak mau mendaftar maka mekanisme blokir akan berlaku. Sekarang sedang disiapkan surat peringatan untuk yang tadi saya sebutkan. Surat peringatan untuk segera melengkapi. Kalau tidak, proses pemblokiran berjalan" kata Semuel Abrijani Pangerapan selaku Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo lewat konferensi pers virtual, Kamis (21 Juli).


Bukan hanya ancaman pemblokiran, tapi akan juga ada sanksi denda yang saat ini juga tengah disiapkan peraturannya. "Sekarang PP-nya sedang disiapkan dan sudah ada di tempatnya Kementerian Keuangan. Sedang dirapatkan antar-kementerian. Jadi kita langsung dari peringatan ke pemblokiran. Kemarin kami juga membuka jika ada yang kesulitan untuk NIB dan KBLI-nya belum ada bisa mendapatkan secara manual namun harus ditindaklanjuti secara online. Kita memberi kepercayaan penuh bahwa PSE memberi data yang sebenar-benarnya. Nanti tim akan validasi dan verifikasi. Kalau datanya tidak benar, mereka akan kena denda atau penutupan sementara" tambah Semuel.

0 comments
bottom of page