Kemensos Ungkap Donasi Untuk Gala Sky Beli Rumah Terancam Disita Negara

VONMAGZ, JAKARTA- Rumah Gala Sky hasil dari donasi masyarakat dilaporkan terancam disita oleh negera karena diduga tidak mengantongi izin dari Kementrian Sosial RI (Kemensos). "Kalau di Undang-Undang, hasil Pengumpulan uang atau Barang (PUB) tanpa izin bisa disita negara" kata Sutisna Dayat selaku Kasubnit Pemantauan Kemensos RI, seperti yang dilansir oleh Tribunnews (8 Januari).


Di sisi lain, donasi yang diadakan oleh Marissya Icha selaku sahabat Vanessa Angel diduga tidak memiliki izin Pelaksanaan kegiatan donasi yang diatur dalam UU Nomor 9 Tahun 1961 dan Peraturan Menteri Sosial Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pengumpulang Uang atau Barang (PUB). Dalam aturan tersebut, PUB lebih dari satu provinsi wajib mendapat izin dari Menteri Sosial sebelum dilaksanakan.


Dayat menambahkan ada 3 konsekuensi untuk kegiatan donasi yang tidak ada izin. "Di dalam Permensos No 8/2021, ada dua sanksi yaitu administratif dan pidana" kata Dayat kepada kompas.com. Selain itu Dayat juga menyebut ada bentuk sanksi berupa penyitaan uang atau barang hasil donasi untuk negara.


Menanggapi kasus tersebut, Susi Pudjiastuti selaku Menteri Kelautan dan Perikanan ikut mengomentari dan mempertanyakan mengapa harus ada izin untuk mengadakan donasi. Susi mempertanyakan hal tersebut di akun Twitter miliknya hingga viral.


0 comments