Kemenkominfo Usul Pemungutan Suara Pemilu 2024 Dilakukan Lewat Internet

VONMAGZ, JAKARTA- Johnny G Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika memberi usulan agar pemungutan suara pada Pemilu 2024 dilakukan lewat internet atau digital/E-Voting. Usulan tersebut disampaikan saat Rapat Koordinasi Digitalisasi Pemilu yang digelar oleh KPU. Johnny juga menargetkan agar seluruh desa dan kelurahan di Indonesia sudah memiliki jaringan internet 4G.

Photo Courtesy of Bawaslu RI


"Semuanya sudah kita sediakan, maka dari sisi upstream ICR Infrastructure seharusnya sudah mampu mendukung electronic pemilu atau internet voting, tinggal kemauan politik. Kalau kita melakukan benchmark dan studi-studi serta bertukar ilmu pengetahuan dan pengalaman, bisa dilakukan" kata Johnny, Selasa (22 Maret).


Menanggapi usulan itu, Teguh Aprianto selaku Peniliti Keamanan Siber mengkritik usulan Johnny. Teguh mengatakan pemilu digital bisa menjadi ancaman bagi demokrasi jika dikaitkan dengan keamanan siber karena selama ini kemenkominfo saja dinilai masih kebingungan saat menghadapi serangan siber. "E-voting itu ancaman bagi demokrasi jika dikaitkan dengan kemanan. Apa lagi dijalankan di negara yang korup. Terlebih ide ini diusulkan oleh Kementrian yang selama ini suka kebingungan sendiri ketika berhadapan dengan insiden keamanan siber" kata Teguh lewat akun Twitter miliknya.


0 comments