Kemenkominfo Ciptakan Aturan Batasi Influncer Promosi Produk dan Makanan

Updated: Aug 31, 2020

VONMAGZ, Jakarta- Kementrian Komunikasi dan Informatika sedang mempertimbangkan untuk menciptakan aturan baru tentang larangan influencer untuk mempromosikan produk kosmetik, makanan dan obat abal abal sebagai pemutih, pelangsing, dan lain lain yang tidak disertai dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan. Aturan ini berlaku setelah maraknya kasus influencer yang mempromosikan produk tanpa izin secara sembarangan di akun sosial media mereka.

Dok : Exchange4media


Selain itu, BPOM juga bekerja sama untuk memberikan daftar brand yang tidak berizin kepada kemenkominfo sehingga dapat dilakukan pemblokiran. Kemenkominfo saat ini memang belum memiliki aturan yang berlaku tentang larangan influencer untuk mempromosikan produk, makanan dan obat yang tidak berizin.


"Ke depan influencer kan makin luas cakupannya dan beragam. Kalau dibutuhkan dan dampaknya makin luas kami pertimbangkan untuk membuat aturan" ujar Kepala Biro Humas Kemenkominfo kepada CNN Indonesia.


Kini kemekominfo menegaskan bahwa influencer dapat lebih aktif menyaring konten konten promosi produk di sosial media sebelum menunggu arahan dan aturan yang diberikan, ini disebabkan jika dilakukan sembarangan makan dapat merugikan banyak konsumen.

0 comments