top of page

Kemenkes Larang Apotek Jual Obat Sirop Akibat Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak

VONMAGZ, JAKARTA - Kasus gagal ginjal akut (AKI) progresif atipikal yang dialami sejumlah anak kecil di Indonesia menyebabkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau seluruh apotek untuk menghentikan penjualan obat bebas maupun obat bebas terbatas dalam bentuk cair atau sirop untuk sementara waktu. Kemenkes juga mengimbau masyarakat yang sudah membeli atau memiliki obat dalam bentuk sirop untuk menghantikan penggunaannya untuk sementara waktu.


Photo Courtesy of Shutterstock


Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Murti Utami juga secara resmi mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor SR.01.05/III/3461/2022 pada Selasa (18/10) untuk mengatur tentang Kewajiban Penyelidikan Epidemiologi dan Pelaporan Kasus Gangguan Ginjal Akut Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) pada Anak.


“Seluruh apotek untuk sementara tidak menjual obat bebas dan atau bebas terbatas dalam bentuk sirop kepada masyarakat sampai dilakukan pengumuman resmi dari Pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” tulis instruksi tersebut, dilansir dari Asumsi.co.

0 comments
bottom of page