Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung Bukan Karena Arus Listrik, Diduga Sengaja Dibakar

VONMAGZ, Jakarta- Listyo Sigit Prabowo selaku Kabareskim Komjen Pol mengungkapkan kebakaran yang terjadi di gedung utama Kejaksaan Agung terbukti adanya unsur kesengajaan dan direncanakan oleh pihak tertentu. Pernyataan tersebut didasari oleh hasil pemeriksaan melalui rekaman dan situasi lokasi TKP oleh Bareskrim Polri dengan menggunakan instrument gas chromatography-mass spectrometer. Selain pemeriksaan di TKP, didapati 131 saksi yang saat ini juga telah dilakukan pemeriksaan. Lystion mengatakan bahwa kebakaran yang terjadi pada 22 Agustus 2020 lalu bukan karena korsleting listrik namun diduga adanya api terbuka dan membuat gedung itu hangus.

Dok : Yahoo/ Gedung Kejaksaan Agung


"Asal api diduga berasal dari lantai 6 ruang rapai biro kepegawaian lalu menjalar ke ruangan serta lantai lain. Dipercepat terjadi karena penyebaran api tersebut karena ada akseleran pada lapisan luar gedung dan ada beberapa cairan minyak lobi yang mengandung senyawa hidrokarbon dan kondisi gedung yang hanya disekat bahan mudah terbakar" kata Listyo saat jumpa pers di Mabes Polri.

Dok : Tirto

Dalam penyelidikan ini, Polri telah melakukan sebanyak 6 kali olah TKP dan 131 saksi juga telah diperiksa. "Pemeriksaan yang dilakukan terhadap 131 saksi dengan menggunakan alat poligraf/uji kebohongan, ahli kebakaran, dan ahli pidana, maka penyidik berkesimpulan terdapat dugaan peristiwa pidana" tutup Listyo.

0 comments