Kasus Kejahatan Ferdy Sambo Jadi Sentilan Soal Perlunya Reformasi UU Kepolisian

VONMAGZ, JAKARTA - Kasus kejahatan yang dilakukan Irjen. Pol. Ferdy Sambo menguak bobroknya lembaga kepolisian setelah hal tersebut menyeret banyak sekali pihak yang terlibat dalam pembunuhan Brigadir J. Hal tersebut membuat Sekretaris Fraksi PPP DPR RI, Achmad Baidowi, angkat bicara dengan mengusulkan perlunya revisi terbatas pada Undang-Undang nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian.


Photo Courtesy of ANTARA


Dilansidr dari Antara, Baidowi mengatakan, "Kami mengusulkan revisi terbatas UU Kepolisian, masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2022. Ini dilakukan agar reformasi dan penguatan kelembagaan Polri dalam melaksanakan tugas pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat serta penegakan hukum,"


Revisi terhadap UU Kepolisian meurutnya perlu dimulai sejak dini, yaitu saat rekrutmen polisi. Ia menganggap hal tersebut perlu diatur dalam revisi UU Kepolisian terkait formula rekrutmen secara transparan dan akuntabel. Reformasi Polri juga perlu dilakukan dalam pengaturan pengawasan internal Polri oleh Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam), hingga kewenangan Polri dalam penyelidikan, penyidikan, dan penindakan.

0 comments