Kasus Chat Mesum Rizieq Shihab Kembali Diproses, FPI Menanyakan Pelaku Penyebaran

VONMAGZ, JAKARTA- Munarman selaku Sekretaris Umum FPI kaget setelah adanya kabar pencabutan surat perintah penghentian penyidikan kasus chat mesum Habib Rizieq Shihab dan Firza Husein. Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akan kembali menyelidiki kasus dugaan tersebut. "Praperadilan yang diajukan oleh Habib lebih dahulu didaftarkan dengan nomor register 150. Baru mau disidang 4 Januari 2021. Sementara praperadilan yang memutuskan SP3 nomor registernya 151, didaftarkan setelahnya, tapi sudah diputus oleh PN Jaksel. Aneh bin ajab kan?" kata Munarman.

Images : Antara Foto/ Hafidz


Febriyanto Dunggio selaku kuasa hukum penggugat mengungkapkan bahwa putusan sidang pembatalan SP3 berlangsung sekitar pukul 10.30 WIB Selasa (29/12). "Sidang sudah selesai. Hasil putusannya memerintahkan kepada termohon (Polda Metro Jaya) untuk kembali melanjutkan proses hukum saudara FHM dan HRS" kata Febriyanto. Gugatan SP3 tersebut diterima oleh PN Jaksel dengan nomor pekara 151/Pid.Prap/2020/PN.Jkt.Sel.


Sementara Sugito Atmo Prawiro selaku Ketua Bantuan Hukum FPI menuduh PN Jaksel telah diintervensi karena membatalkan SP3 kasus chat mesum Rizieq. Ia mempertanyakan mengapa keputusan itu begitu cepat diketok oleh Majelis Hakim padahal kasus nomor perkara 151 sudah putus. Menurutnya, Polda Metro Jaya pada 2018 lalu mengeluarkan SP3 karena pelaku penyebar chat mesum itu belum terungkap dan mempertanyakan apakah sang pelaku penyebar chat mesum itu saat ini sudah terungkap.


Jika ingin melihat kembali kasus chat mesum Rizieq 3 tahun yang lalu, chat tersebut muncul pada Januari 2017 di situs www.baladacintarizieq.com. Situs tersebut menampilkan screenshoot percakapan berkonten seksualitas lewat WhatsApp antara Rizieq Shihab dan Firza Husein. Atas kejadian tersebut, Aliansi Mahasiswa Anti Pornografi melaporkan Rizieq ke Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya pada Senin 30 Januri 2017. Mereka membawa barang bukti berupa salinan lembar gambar yang menjukkan percakapan WhatsApp mesum tersebut.

0 comments
  • Instagram