Jurnalis China Dipenjara 4 Tahun Karena Meliput Bagaimana Covid-19 Pertama Kali Terdeteksi

VONMAGZ, JAKARTA- Pengadilan China menjatuhkan hukuman penjara 4 tahun kepada seorang jurnalis yang mendokumentasikan bagaimana virus Covid-19 pertama kali terdeteksi, dalam kasus yang menggaris bawahi sejauh mana Beijing mempertahankan narasi resminya tentang pandemi. Jurnalis tersebut bernama Zhang Zhan berumur 37 tahun dihukum setelah berselisih selama 2,5 jam di persidangan Pengadilan Rakyat Shanghai Pudong New Area. Jaksa penuntut menuduhnya menyebarkan kebohongan tentang pandemi virus corona melalui media sosial dan wawancara dengan media luar negeri.

Images : NBC

Images : Axios


Keputusan tersebut diambil dari 7 bulan setelah kepolisian China menahan Zhang di kota Wuhan di kota pusat dimana covid pertama kali muncul. Zhang telah memposting lebih dari 120 video YouTube yang menunjukkan kondisi kota dan merinci apa yang ia lihat sebagai kesalahan langkah pemerintah dalam menangani pandemi. Sesuai dengan kampanye pemimpin China Xi Jinping, banyak berita yang menampilkan pandemi virus corona di China sebagai contoh tata kelola komunis yang baik, dan menunjukkan propaganda dan penyensoran ekstensif untuk meredakan kemarahan publik dan menekan kritik terhadap langkah dalam tanggapan awal pemerintah.

Images : The Straits Times


Kasus terhadap Zhang adalah penuntutan pertama yang diketahui seorang jurnalis yang meliput awal virus corona di Wuhan terdeteksi. Sebelumnya aktivis hak asasi manusia melaporkan adanya tiga jurnalis lain yang hilang pada bulan awal februari saat meliput awal munculnya virus tersebut dan nasib mereka hingga kini belum jelas meskipun pihak keluarga masih berusaha keras untuk mencari anaknya yang belum kunjung pulang.

0 comments
  • Instagram