Jokowi Tolak Wacana Jabatan Presiden 3 Periode

VONMAGZ, Jakarta- Fadjroel Rachman selaku juru bicara Presiden mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo menolak wacana perubahan masa jabatan presiden menjadi tiga periode dan tetap setia pada UUD 1945 dan amanah Reformasi 1998. Jokowi juga dikatakan tidak memiliki minat untuk menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia selama tiga periode.

Foto: Kompas


Hal tersebut juga didukung dengan pernyataan sekretaris Jenderal Perindo Ahmad Rofiq yang mengikuti pertemuan bersama Jokowi di Istana Kepresidenan. "Sangat tegas beliau, tidak setuju dengan amandemen UUD dan wacana 3 periode. Pak Presiden justru khawatir bahwa kalau amandemen itu dibuka dengan terbatas siapa yang bisa menjamin bahwa itu akan benar terbatas" kata Rofiq.


"Sikap politik Presiden Joko Widodo berdasarkan kesetiaan beliau kepada konstitusi UUD 1945 dan amanah reformasi 1998. Disebutkan bahwa presiden dan wakil presiden memegang jabatannya selama lima tahun dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama hanya untuk satu kali masa jabatan" kata Fadjroel Rachman.

0 comments