Jokowi Periksa Dadakan Apotek di Kota Bogor, Stok Obat Antivirus dan Vitamin Kosong

VONMAGZ, JAKARTA- Presiden RI Jokowi Dodo mendadak mendatangi beberapa apotek di Kota Bogor di siang hari pada Jumat (23/7) untuk menanyakan ketersediaan obat antivirus Oseltamivir, Favipiravir, antibiotik Acetromicin dan vitamin D3 5000 UI.


"Saya mau ini, apa mau cari obat antivirus yang Oseltamivir" tanya Jokowi. "Oseltamivir yang generik sudah lama kosong pak, kemarin ada merek Fluvir itu patennya. Tapi itu sekarang juga sudah kosong" jawab apoteker. Sang apoteker juga menjelaskan bahwa Oseltamivir sudah mulai langka dan kesulitan mendapat pasokan Oseltamivir dalam beberapa waktu terakhir.

Dok: Instagram Jokowi


Mengetahui kosongnya stok obat dan vitamin, Jokowi langsung menghubungi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan menyampaikan bahwa obat dan vitamin yang dicari tidak tersedia di salah satu apotek di Bogor. "Halo, Pak Menteri. Pak Menteri ini saya cek ke apotek di Bogor. Saya cari obat antivirus Oseltamivir gak ada. Cari lagi, obat antivirus yang Facipiravir juga gak ada, kosong. Saya cari obat yang antibiotik, Acetromicin juga gak ada" kata Jokowi. "Baik kami cek ya pak. Mohon maaf ya pak ya" jawab Budi.



Budi juga menjelaskan bahwa obat yang ditanyakan Jokowi tersedia di apotek Kimia Farma hingga K24 di kota Bogor dan bisa dicek secara online. "Kita kan sudah ada yang online. Saya barusan cek ya pak. Jadi nanti saya double check ya. Nanti ini saya kirim ke ajudan bapak. Itu ada data online yang ada dirumah sakit, nah itu bisa dilihat by kota segala macam. Bisa dibaca oleh semua rakyat pak" jelas Budi.


Ketersediaan obat dan vitamin dapat dilihat lewat situs https://farmaplus.kemkes.go.id/ yang mencakup lebih dari 2.000 apotek di seluruh provinsi di Indonesia.


0 comments