Jokowi Larang Pengendara Mobil Bensin dan Diesel Pindah ke Ibukota Baru, Nusantara

VONMAGZ, JAKARTA- Presiden RI Jokowi melarang penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil/BBM di Ibukota Negara Baru, Nusantara dengan memprioritaskan warga pejalan kaki, sepeda, dan kendaraan umum yang ramah lingkungan. Dengan ini, mobil bensin dan diesel tidak boleh berkeliaran di lokasi tersebut.

Photo Courtesy of Kompas.com


"Jadi yang seneng jalan kaki, silahkan pindah ke ibukota baru, yang senang bersepeda, ingin sehat, juga pindahlah ke ibukota baru. Kalau yang senang naik mobil, apalagi yang mobilnya pakai BBM fosil, jangan pindah ke ibukota baru. Kita akan memberikan prioritas kepada yang pertama adalah pejalan kaki. Orientasinya ke sana. Yang kedua, yang naik sepeda. Yang ketiga, yang transportasi umum" kata Jokowi lewat peresmian Nasdem Tower Jakarta, hari ini (22 Februari).


Jokowi juga menambahkan bahwa Ibukota baru nantinya memiliki konsep smart forest city dan diharapkan masyarakat nantinya tidak merusak hutan. "Dan konsep besarnya adalah smart forest city. Banyak hijaunya dan banyak hutannya. Yang kita pakai ini 256 ribu hektare. Nantinya kurang lebih 50 ribu hektare dipakai, sisanya 200 ribu memang akan dibiarkan sebagai hutan hijau" kata Jokowi.

0 comments