Jokowi Akan Terbang Ke Negara Konflik Ukraina dan Rusia

VONMAGZ, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berencana untuk terbang ke wilayah perang dan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin.


Photo Courtesy of Biro Pers Sekretariat Presiden


Hal ini diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi yang menyampaikan bahwa, agenda ke Kiev dan Moskow merupakan bagian dari rangkaian kunjungan ke luar negeri pada akhir Juni 2022.


Dilansir dari Antara, Retno mengatakan, "Meskipun situasinya sulit dan masalahnya kompleks, sebagai presiden G20 dan salah satu anggota champion group dari Global Crisis Response Group yang dibentuk oleh Sekjen PBB, Presiden Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi, tidak memilih untuk diam,”


Hal ini disebut sebagai salah satu bentuk kepedulian dan upaya dalam memberikan kontribusi untuk menangani dampak yang dirasakan oleh berbagai negara akibat dari peperangan. Kunjungan tersebut juga bertujuan untuk mendorong semangat perdamaian mengingat Indonesia dengan Rusia telah mempertahankan hubungan politik dan ekonomi yang intensif.

0 comments