top of page

Jerman Berencana Tarik Akademisi Dari Indonesia Terkait KUHP

Updated: Dec 10, 2022

VONMAGZ, JAKARTA- Negara Jerman dilaporkan akan menarik wisatawan hingga akademisi (mahasiswa dan dosen) dari Indonesia setelah pengesahan KUHP oleh DPR RI pada Selasa (6 Desember).

Photo Courtesy of Getty


Rencana Jerman tersebut diungkapkan langsung oleh Dede Yusuf selaku Wakil Ketua Komisi X dan Fraksi Partai Demokrat. Dede mengatakan bahwa ada obrolan antara Komisi X dan delegasi Komisi Pendidikan dari Parlemen Jerman pada Senin (5 Desember). Komisi Pendidikan dari Parlemen Jepang tersebut berencana untuk mengirimkan akademisi mereka ke nagara lain yang tidak memiliki aturan KUHP seperti yang ada di Indonesia.


"Jadi mereka sempat menyebutkan, mungkin kalau itu terjadi (KUHP jadi disahkan), kami akan berpikir untuk mengirimkan mahasiswa kami atau akademisi kami ke negara yang lain, yang tidak punya UU seperti itu. Mereka bilang bagi wisawatan mungkin tidak nyaman, takut, namanya wisatawan asing, termasuk mahasiswa ataupun dosen-dosen akademisi yang ada di sebuah negara, karena itu kan sensitif ya. Sehingga menurut saya sih ini masalah sosialisasi aja, karena belum tentu seperti itu yang mereka duga" kata Dede kepada Asumsi.co.

0 comments
bottom of page