Jaksa Agung dan Menteri Pertahanan Australia Dipecat Atas Kasus Pemerkosaan

VONMAGZ, Jakarta- Scott Morisson selaku Perdana Menteri Australia telah resmi mencopot jabatan jaksa agung dan menteri pertahan yang dituduh terlibat dalam skandal pemerkosaan. Morrison menghadapi berbagai tekanan dalam beberapa waktu terakhir atas tuduhan pemerkosaan dan pelanggaran seksual yang mencoret nama politik Australia. Skandal tersebut telah tersebar luas dan mendapatkan kecaman keras dari publik. Christian Porter, sang jaksa agung menolak tuduhan bahwa ia mempekosa seorang gadis berusia 1988 saat berumur 17 tahun.

Dok : ABC


Linda Reynolds, menteri pertahanan juga dicopot jabatannya. Masalah berawal setelah Brittany Higgins mantan ajudah mengatak telah diperkosa oleh seorang rekan pria di kantor menteri pada tahun 2019. Higgins yang melaporkan hal tersebut kepada atasannya Reynolds justru mendapatkan tekanan untuk tidak melaporkannya ke polisi. Reynolds diktritik karena mengatakan Higgins pembohong dan berakhir dengan pernyataan permintaan maaf atas pernyataan yang ia ucapkan.


Skandal di kalangan pejabat pemerintah Australia terus bermunculan. Beberapa pekan terkahir anggota parlemen, Andrew Laming resmi mengundurkan diri setelah meminta maaf karena melecehkan dua wanita secara online. Disusul kasus lain diaman seorang penasihat senior pemerintah dipecat setalh rekaman video seksnya tersebar luas.

0 comments
  • Instagram