Jakarta Capai Pengangguran Tertinggi, Anies : Jakarta Bukan Pencipta Lapangan Kerja

VONMAGZ, Jakarta- Pengangguran di Indonesia yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19 kini naik menjadi hampir 9 juta orang dan melonjak 7,07 persen pada bulan Agustus 2019. "Kita bisa lihat dampak pengangguran dari lokasi bahwa peningkatan pengangguran di kota jauh lebih tinggi dibandingkan di desa. Pandemi ini dampaknya jauh tajam untuk di kota" ucap Suhariyanto selaku Kepala Badan pusat Statistik. Dari keseluruhan, DKI Jakarta memiliki angka tertinggi dengan jumlah 10,95 persen mencapai 580 ribu orang dari total angka pengangguran yang ada di Indonesia dibanding lokasi lainnya.

Getty Images


Menurut Anies Baswedan meningkatnya angka pengangguran tersebut disebabkan oleh berkurangnya kegiatan usaha di Jakarta. Ia juga mengatakan bahwa pemerintah DKI Jakarta hingga kini belum berhasil untuk mengurangi tingkat penularan Covid-19 dengan baik. "Karena lapangan kerja tersedia, yang berkurang itu tingkat kegiatannya. Jakarta itu bukan menciptakan lapangan kerja, tetapi mengembalikan kegiatan perekonomian" ucap Anies. Ia menuturkan jika penularan Covid-19 dapat dikendalikan maka perekonomian DKI Jakarta juga akan kembali pulih.


Buyung Airlangga selaku kepala BPS DKI Jakarta juga mengungkapkan bahwa sekitar hampir 179.850 orang memutuskan untuk menganggur karena takut tertular Covid-19. "Orang orang yang menganggur, tidak mencari penghasilan memutuskan untuk menjadi pengangguran karena takut Covid-19. Pengangguran tersebut tadinya adalah seorang pedagang keliling tetapi karena adanya physical distancing takut tertular Covid-19 memutuskan untuk berhenti bekerja" ucapnya.

0 comments
  • Instagram