Ingin Ubah Citra Negara, Turki Ganti Nama Internasional

VONMAGZ, JAKARTA - Pemerintahan Erdogan melakukan berbagai upaya untuk mengubah nama negara Turki menjadi Turkiye di mata dunia.


Photo Courtesy of The Kabul Times


Hal ini disebabkan oleh Citra negaranya yang penyebutannya Kerap kali disamakan dengan sebutan untuk burung turkey dan kata lainnya yang memiliki konotasi tidak sesuai. Salah satu upaya yang dilakukan Turki adalah dengan bersurat kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Kamis (2/6) untuk mengajukan permohonan perubahan nama menjadi “Turkiye”.


Sebelumnya, Turki telah melakukan kampanye dengan merilis video promosi pariwisata dengan menggunakan nama baru mereka. Video tersebut menampilkan beberapa turis dari berbagai negara mengucapkan “Halo, Turkiye.” dari berbagai destinasi wisata terkenal di Turki. Nama “Turkiye” juga telah banyak dipergunakan dalam dokumen resmi Pemerintah Turki. Kata ini dipilih karena berasal dari bahasa Turki dan menggunakan huruf abjad.


Selain Turki, Republik Ceko telah lebih dulu mengajukan perubahan pada nama agar lebih singkat mereka menjadi Czechia pada tahun 2016 lalu. Namun, hingga saat ini masih banyak institusi dari seluruh Dunia yang masih menyebutnya dengan sebutan Republik Ceko.

0 comments