Informasi Bocor Sebelum Perilisan, Hacker Nintendo Switch Ditemukan FBI dan Dihukum 3 Tahun

VONMAGZ, JAKARTA- Seorang hacker bernama Ryan Hernandez dijatuhi tiga tahun hukuman penjara karena dinyatakan telah mencuri informasi mengenai Nintendo Switch jelang peluncurannya beberapa tahu lalu. Hernandez juga diminta membayar biaya ganti rugi sebesar 3,6 miliar rupiah.


Sebelumnya di tahun 2016, FBI berhasil melakukan investigasi terhadap Hernandez dan kelompoknya setelah mendapatkan informasi rahasia melalui phishing dari seorang karyawan Nintendo. FBI langsung meminta Hernandez untuk berhenti melakukan aktivitas ilegal di tahun 2017. Namun sang hacker tersebut tetap mencari informasi rahasia di sepanjang 2017. di tahun 2019, FBI menggeledah isi hard drive Hernandez dan menemukan banyak foto dan video pornografi anak. Hernandez akhirnya mengaku bersalah dan juga terdaftar sebagai pelaku kejahatan dan pelanggaran seksual.


Dok : GameStation


Peretasan yang dilakukan oleh Hernandez hanya satu dari beberapa kasus yang dialami Nintendo selama beberapa tahun terakhir. Sebelumnya ada laporan pelanggaran oleh seorang peneliti keamanan di tahun 2019 dengan bocornya ribuan nama dan sandi pengguna. Selain itu ada konten lain yang bocor meliputi beberapa Game Nintendo yang belum dirilis seperti penduduk desa pada Animal Crossing yang belum digunakan hingga prototipe awal Pokemon Diamond.


Hakim yang mengawasi kasus menyarankan agar Hernandez ditempatkan di fasilitas biro penjara narapidana dengan tantangan kognitif. Setelah bebas, sang hacker juga akan diawasi selama 7 tahun.

0 comments
  • Instagram