Influencer Akan Dapat Larangan Gunakan Filter Saat Promosi Produk Kecantikan

VONMAGZ, Jakarta- Influencer dilaporkan akan segera mendapat larangan menggunakan filter yang mengubah dan melebih lebihkan penampilan mereka lewat media sosial, larangan tersebut muncul setelah adanya peraturan baru dari Advertising Standards Agency di Inggris. Menanggapi kampanye #filterdrop yang diciptakan oleh make up artist sekaligus model Sasha Pallari, yaitu mewajibkan influencer untuk mengungkapkan kulit dan muka asli mereka tanpa menggunakan filter ketika mempromosikan skin care maupun kosmetik.

Dok : Cosmopolitan Middle East


Pengawas periklanan juga telah memutuskan bahwa filter harus tidak diterapkan pada iklan apapun di media sosial jika iklan tersebut melebih lebihkan efek produk yang dipromosikan melalui influencer. Seperti yang dilaporkan oleh BBC, adanya dua iklan dimana filter telah digunakan untuk menjual produk yang dianggap menyesatkan konsumen dan melebih lebihkan efek produk. Mulai saat ini, seluruh brand, influencer, dan selebriti Inggris harus mengikuti peraturan baru #nofilter, dalam mempromosikan produk kecantikan.


Hal tersebut berlaku bukan hanya ketika mereka mengunggah foto promosi melalui feeds Instagram, namun juga untuk Instagram Stories. Bagi Influencer yang melanggar aturan, maka iklan akan dihapus dan dilarang mengunggah kembali.

0 comments