Indonesia Masuk Daftar 100 Negara Termiskin di Dunia

VONMAGZ, JAKARTA - Indonesia masuk dalam daftar 100 negara termiskin di dunia menurut World Population Review. Mengutip Mind-People.com dari World Population Review, Indonesia menduduki peringkat ke-73 sebagai negara termiskin di dunia. Pendapatan nasional bruto Indonesia tercatat sebesar US$3.870 (Rp59 juta) per kapita pada tahun 2020.


Photo Courtesy of Flickr


Daftar negara tersebut diklasifikasikan sebagai ekonomi berpenghasilan rendah dalam sistem peringkat Bank Dunia. Peringkat ini berdasaarkan pendapatan nasional bruto (GNI) per kapita setiap negara, yang merupakan ukuran pendapatan total suatu negara dibagi dengan populasinya.


GNI sangat mirip dengan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita. Kedua metrik tersebut mengukur nilai dolar dari seluruh barang dan jasa yang diproduksi di negara tertentu, namun GNI juga mencakup pendapatan yang diperoleh melalui sumber internasional seperti investasi asing atau kepemilikan properti. Oleh sebab itu, GNI dianggap sebagai ukuran kesehatan ekonomi suatu negara yang sedikit lebih akurat.

0 comments