Indonesia Kurang Gizi Tetapi Jadi Negara Kedua Suka Buang Makanan

VONMAGZ, JAKARTA- Hasil penelitian dari Food Sustainibility, 2017, orang indonesia membuang sampah makanan hingga 8 juta ton per tahun. Masing masing sampah tersebut setara uang sebesar 7 juta rupiah per orang dengan. Co Founder Foodcycle Indonesia mengungkapkan secara ekonomi, orang indonesa membiarkan makanan terbuang dimana berarti menyia nyiakan sumber daya yang telah dicurahkan. Bukan hanya itu saja, Food Sustainability Index yang dirilis oleh EIU juga mengatakan bahwa terdapat hampir 1 miliar orang di Indonesia yang menderita kelaparan, namun hampir sepertiga makanan hilang dan terbuang. Limbah makanan tersebut sesuai dengan empat kali jumlah yang dibutuhkan untuk memberi makanan kepada masyarakat yang kekurangan gizi di seluruh dunia.

Dok : Hipwee

Dok : Getty


Kebiasaan membuang makanan yang masih bisa dimakan menjadi sumbangan terbesar dari rumah tangga dan restoran. Berbagai pihak telah berusaha keras untuk menyadarkan masyarakat untuk menghemat bahan pangan, karena dalam perhitungan neraca lingkungan proses menghasilkan bahan pangan juga mengakibatkan pemborosan air dan pencemaran lingkungan.


Indonesia sendiri menjajaki peringkat kedua sebagai negara paling banyak membuang makanan dari Barilla Center for Food & Nutrition pada tahun 2016. Posisi tersebut mengalahkan negara Arab Saudi yang hanya membuang 400 kilogram per tahun. Padahal, laporan dari organisasi pada tahun 2018 menyebutkan bahwa Indonesia adalah negara nomor delapan dari segi prevalensi kekurangan gizi diantara 67 negara.

0 comments
  • Instagram