Ilmuwan Jepang Akan Luncurkan Masker yang Menyala Neon Jika Pemakai Terjangkit Covid-19

VONMAGZ, JAKARTA- Tim di Kyoto Prefectural University yang dipimpin oleh Yasuhiro Tsukamoto telah emnciptakan masker yang dimana para pengguna bisa mengetahui langsung sedang terjangkit Covid-19 atau tidak.


Penguji sebelumnya menyuntikkan bentuk virus Covid-19 yang tidak aktif dan jinak ke burung unta dan mengekstrak antibodi dari telur mereka. Antibodi itu lalu diintegrasikan kedalam pewarna fluoresen, dan ketika pewarna disemprotkan ke filter masker, kain masker akan menyala berwarna hijau neon untuk menunjukkan bahwa pengguna terjangkit virus Covid-19.


Photo Courtesy of Kyoto Prefectural University


Seluruh tim juga melakukan tes awal dengan 32 orang yang terinfeksi Covid-19 dimana semua masker yang dipakai dibawah sinar UV akan memudar seiring waktu karena potensi virus menurun. Mereka rencananya akan memperluas ukuran sampel percobaan menjadi 150 perserta dan bertujuan untuk mendapatkan persetujuan pemerintah untuk menjual masker tersebut tahun depan. "Kita dapat memproduksi antibodi dari burung unta secara massal dengan biaya rendah. Di masa rendah, saya ingin membuat ini menjadi alat uji mudah yang dapat digunakan siapa saja" kata Tsukamoto.

0 comments