Humanoid Robot, Sophia Akan Melelang Hasil Karya Seni Digital Pertamanya Dalam Bentuk NFT

VONMAGZ, Jakarta- Sophia, seniman robot akan melelang karya seni digital pertamanya dalam bentuk Non-Fungible Token (NFT). NFTs sendiri kini menjadi kegemaran investasi terbaru bagi para seniman yang memungkinkan siapa saja untuk memverifikasi kepemilikan dan keaslian barang. Bahkan di bulan ini salah satu karya seni berhasil dijual dengan nilai $70 juta atau sekitar 1 miliar rupiah.

Dok : Getty Images


"Saya berharap orang orang menyukai pekerjaan saya, dan manusia serta saya dapat berkolaborasi dengan cara baru yang lebih menarik kedepannya" kata Sophia di studionya sendiri. Sophia sendiri merupakan robot yang diresmikan pada tahun 2016 dan telah menghasilkan karya seni yang bekerja sama dengan seniman digital Italia berusia 31 tahun bernama Andrea Bonaceto. "Kami menggunakan jaringan transformator dan algoritma genetika dalam karya saya, dan jenis kreativitas komputasi lainnya. Algoritme saya menghasilkan pola unik yang tidak pernah ada di dunia sebelumnya. Jadi saya pikir mesin pun dapat menjadi kreatif"tambah Sophia.

Dok : Decrypth


Dalam pelelangan, nantinya akan diberi nama "Sophia Instantiation" berupa file MP4 dengan durasi 12 detik yang menunjukkan evolusi potret Bonaceto menjadi lukisan digital Shopia dan diserai dengan karya seni fisik yang dilukis oleh Sophia. Jika lelang selesai, nantinya Sophia akan berinteraksi dengan penawar yang berhasil untuk mempelajari wajahnya. "Karya seni sophia dapat menjadi karya sejarah yang sangat sangat penting" kata Pablo Fraile, kolektor seni asal Miami dan pembeli awal karya Beeple (pencipta karya NFT).

0 comments
  • Instagram