Hong Kong Tarik Produk Mie Sedap Karena Ditemukan Kandungan Pestisida

VONMAGZ, JAKARTA- Mie Sedaap dengan rasa Korean Spicy Chicken dilaporkan ditarik dari Hong Kong setelah ditemukan kandungan etilen oksida dan pestisida, dinyatakan oleh Center for Foods Safety pada Selasa (27 September).


"CFS mengumpulkan sampel produk dari supermarket di Lok Fu untuk diuji di bawah Program Pengawasan Makanan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sampel mie, kemasan bumbu, dan kemasan bubuk cabai produk mengandung pestisida dan etilen oksida" tulis CFS dalam sebuah pernyataan di situs resmi.


Masyarakat setempat juga diminta untuk tidak mengonsumsi Mie Sedaap meskipun mereka telah membelinya, sementara CFS dengan tegas akan memberikan pengawasan demi mencegah dan menghentikan penjualan produk mie tersebut. Pihak pengecer juga mulai menarik kembali produk yang sudah disebar.


"Badan Internasional untuk Penelitian Kanker mengklasifikasikan etilen oksida sebagai karsinogen Grup 1. Menurut Residu Pestisida dalam Peraturan Makanan, makanan untuk konsumsi manusia yang mengandung residu pestisida hanya boleh dijual jika tidak berbahaya atau merugikan kesehatan" tulis CFS.

0 comments