Hasil RKHUP Akhir, Pelaku Santet Dipenjara 1,5 Tahun

VONMAGZ, Jakarta- Pasal terkait santet dilaporkan tercantum dalam draf RKUHPP terbaru yang sudah diserahkan pemerintah ke DPR hari ini, Rabu (6 Juli). Dalam draf tersebut, ancaman pidana penjara 1,5 tahun. Penyerahan draf ini dilakukan oleh Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Eddy Hiariej ke Komisi III DPR RI dalam rapat kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Saat ini santet dilaporkan masih diatur dalam Pasal 252 draf RKUHP terbaru dengan penjelasan: "Ketentuan ini dimasudkan untuk mencegah praktik main hakim sendiri yang dilakukan oleh warga masyarakat terhadap seseorang yang menyatakan dirinya mempunyai kekuatan gaib dan mampu melakukan perbuatan yang dapat menimbulkan penderitaan bagi orang lain".


Pasal tersebut tetap mencantumkan dua ayat yaitu:


Di ayat pertama berbunyi, "Setiap Orang yang menyatakan dirinya mempunyai kekuatan gaib, memberitahukan, memberikan harapan, menawarkan, atau memberikan bantuan jasa kepada orang lain bahwa karena perbuatannya dapat menimbulkan penyakit, kematian, atau penderitaan mental atau fisik seseorang dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun 6 (enam) Bulan atau pidana denda paling banyak kategori IV."


Kemudian, di ayat kedua berbunyi "Jika Setiap Orang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) melakukan perbuatan tersebut untuk mencari keuntungan atau menjadikan sebagai mata pencaharian atau kebiasaan, pidananya dapat ditambah 1/3 (satu per tiga)."

0 comments