Hasil Autopsi Ulang Brigadir J, Otak Berpindah ke Bagian Perut

VONMAGZ, JAKARTA- Kuasa hukum keluarga Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak mengungkapkan temuan baru dari tim dokter perwakilan keluarga saat dilakukan autopsi ulang di RSUD Sungai Bahar, Jambi pada Rabu (27 Juli). Kamaruddin mengungkapkan bahwa ada perpindahan pada organ otak di kepala ke perut Brigadir J karena saat tim forensik memeriksa jenazah, tidak ditemukan otak di bagian kepala Brigadir J.

Photo Courtesy of Suara.com


"Perutnya itu ditemukan otaknya dipindah di sana, ke bagian perut. Ditemukannya di bagian dada ke bawah" kata Kamaruddin dalam sebuah video di live streaming YouTube Hendro Firlesso hari ini, Sabtu (30 Juli).


Dokter forensik yang mengautopsi ulang meraba-raba kepalanya menemukan ada semacam penempelan lem dan ditemukan ada lubang ditusuk yang tembus ke mata dan hidung. Dugaannya adalah kemungkinan Brigadir J ditembak dari belakang kepala hingga tembus sampai ke hidung depan. Dokter juga menemukan enam retakan di dalam tengkorak kepala jasad, seperti yang dilansir oleh Tribun Jabar. Dan tenaga kesehatan perwakilan keluarga yang ikut dalam proses autopsi forensik menyebut bahwa bagian bekas penembakan direkatkan untuk menutup bekas peluru. Lubang yang tembus ke hidung juga dijahit sehingga menimbulkan kesan seperti disayat.


Kemudian, ada dugaan tembakan dari leher mengarah ke bagian bibir, lubang di dada yang juga diduga bekas tembakan, serta luka terbuka di bagian bahu yang dagingnya terlihat hampir terkelupas. Ditemukan juga bgian lengan bagian bawah patah, kelingking dan jari manis juga ada patahan.


"Ada juga luka yang tembus di dada akibat peluru, serta di lengan. Keempat lubang diduga peluru. Kita dapat temuan jika tangan kiri bagian bawah patah. Dari pengamatan dipatahkan. Lalu di bagian jari kelingking dan manis ditemukan patahan jari seputar kuku. Sesuai amanat Presiden, kita mau hasil autopsi ini diumumkan ke publik" kata Kamaruddin.


0 comments