Hari Ini Diterapkan, GeNose Gantikan PCR dan Rapid Antigen Untuk Penumpang Kereta

VONMAGZ, Jakarta- Layanan pemeriksaan Covid-19 kini menggunakan GeNose C19 menggantikan rapid antigen di beberapa stasiun dimulai hari ini (5/2/21). Genose C19 merupakan alat buatan mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta untuk mendeteksi Covid-19 melalui hembusan nafas kedalam kantong khusus. Alat tersebut telah mendapatkan izin edar dari Kementrian Kesehatan Nomor Kemenkes RI AKD 20401022883.

Foto : Sindo News


Peneliti alat GeNose Dr.Dian K Nurputra mengatakan GeNose telah melalui beberapa ujian tes sehingga alat tersebut dinilai mampu dan efektif untuk mengetahui seseorang mengidap Covid-19 di awal atau tidak. "Ini berbeda dengan alat kesehatan lainnya kita basisnya Artificial Intelligence (AI), kita menggunakan database untuk melatih agar lebih pintar dalam membaca data" kata Dr.Dian dalam Live Instagram @kemenhub 151 pada (1/2/21).

Foto : Sindo News


Seperti yang dilansir oleh Kompas.com, Joni Martinus mengatakan sebelum di test para penumpang dilarang makan, minum (kecuali air putih), dan makan selama 30 menit. Pemeriksaan dengan menggunakan GeNose dilakukan maksimal 3x24 jam sebelum melakukan keberangkatan. KAI menyediakan layanan test GeNose tahap awal di Stasiun Pasar Senen dan Tugu Yogyakarta dengan tarif 20.000 rupiah.

0 comments
  • Instagram