Hampir 15 Tahun Menjabat Sebagai Presiden Rusia, Putin Mengundurkan Diri Tahun Depan

VONMAGZ, Jakarta- Presiden Rusia, Vladimir Putin dikabarkan berniat untuk mengundurkan diri tahun depan yang disampaikan oleh Valery Solovei selaku analis politik di Moskow. Menurut pernyataan Solovei, Putin diduga memiliki penyakit Parkinson sehingga kekasih juga kedua anaknya meminta sang Presiden untuk segera mengundurkan diri. "Ada dorongan keluarga, itu memiliki pengaruh besar padanya. Dia bermaksud mengumumkan rencana pengunduran dirinya pada januari mendatang" ucap Solovei kepada The Sun pada Kamis (5/11).

Getty Images


Kabar tersebut juga dipicu oleh rancangan undang undang yang diumumkan Putin yang menjamin kekebalan dari tuntutan hukum dan tunjangan negara untuk mantan presiden seumur hidup yang saat ini sedang diproses oleh parlemen Rusia. Hal tersebut mendukung spekulasi tentang pengunduran diri Putin dalam waktu dekat.


Dalam sejarah, Putin sendiri telah menjabat sebagai Perdana Menteri Rusia dari tahun 1999-2000. Lalu ia menjadi Presiden hingga 2008 dan dilanjutkan kembali menjadi menteri hingga 2018. Sejak 2012 hingga saat ini Putin masih bertahan untuk menjadi Presiden hingga akhirnya mengumumkan kabar pengunduran diri di tahun depan.

0 comments