Garuda Pailit, Pelita Air Disiapkan Untuk Potensi Penutupan Garuda Indonesia

VONMAGZ, JAKARTA- Garuda Indonesia yang hampir pailit/bangkrut membuat BUMN menyiapkan Pelita Air Service untuk menggantikan Garuda. Pelita Air dilaporkan saat ini masih dalam proses menunggu perizinan dari Air Operator Certificate yang membutuhkan waktu kurang lebih 3 bulan. Persiapan Pelita Air sendiri adalah untuk mengantisipasti apabila restrukturisasi dan negosiasi yang kini tengah dijalani oleh Garuda Indonesia tidak berjalan mulus.

Getty


"Apabila tahapan ini selesai, tentu secara bisnis proses kami siap dan sangat memungkinkan diposisikan sebagai maskapai pemerintah yang memang berjadwal untuk melengkapi Garuda dan Citilink" kata Michael Umbas selaku Komisaris Utama Pelita Air Service.


Wakil Menteri BUMN II Kartiko Wirjoatmojo mengatakan opsi penutupan Garuda Indonesia tetap terbuka meski Garuda Indonesia memiliki status sebagai maskapai flag carrier. Alasannya saat ini sudah biasa sebuah negara tidak memiliki maskapai yang melayani penerbangan internasional. Meskipun Garuda Indonesia kemungkinan bisa diselamatkan, tetap dinilai nyaris mustahil Garuda bisa melayani lagi penerbangan jarak jauh, seperti ke Eropa misalnya. "Kalo mentok ya kita tutup (Garuda Indonesia), tidak mungkin kita berikan penyertaan modal negara karena nilai utangnya terlalu besar" kata Tiko


0 comments