Garuda Indonesia Luncurkan Drone BZK-005 Tanpa Pilot Untuk Bisnis Kargo

VONMAGZ, Jakarta- Direktur PT Garuda Indonesia Tbk Askhara Danadiputra menyatakan akan segera luncurkan 3 unit drone BZK-005 untuk angkut barang. Menurutnya, drone jauh lebih murah dibandingkan pesawat konvensional. 3 unit drone tersebut diproduksi langsung oleh beihang UAS Technology.

Dok : Kompas


Novie Riyanto yang merupakan Direktur Jenderal perhubungan Udara Kementrian Perhubungan mengungkapkan bahwa ketiga drone yang akan diluncurkan nanti pada awal 2021 akan dioperasikan dari perkotaan bahkan hingga ke Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. "Kita tau teknologi pesawat udara ini berkembang terus. Bahkan kedepan, sebentar lagi akan ada drone yang akan dioperasikan baik di perkotaan hingga ke Papua sana untuk angkut kargo" ungkapnya dalam webinar Kemenhub.

Dok : Liputan Indonesia


Selain itu, Drone tersebut nantinya dapat mengangkut beban hingga 5 ton. meskipun dulunya drine hanya dimanfaatkan untuk mengangkut misil sebagai kepentingan militer, Askhara Danadiputra uangkapkan bahwa penggunaan drone untuk keperluan komersil dapat meminimalkan risiko, efisien, dan lebih murah.

0 comments