FIFA Luncurkan Bacuya, Maskot Piala Dunia U-20 Indonesia 2023

VONMAGZ, JAKARTA- Piala Dunia U-20 2023 Indonesia meluncurkan maskotnya bernama Bacuya yang merupakan seekor badak Jawa. Peluncuran maskot tersebut saat acara Car Free Day di Jakarta pada Minggu (18 September) dengan dihadiri oleh Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI, Menpora Zainudin Amali, serta Jaime Yarza selaku Direktur Turnamen FIFA.

Photo Courtesy of Bacuya


Nama Bacuya sendiri adalah akronim dari Badak Cula Cahaya. Ia memiliki tanduk warna-warni yang diartikan sebagai figur pembela yang memperjuangkan anak muda untuk berekspresi dan bersenang-senang.


"Pagi ini kita meluncurkan maskot sebagaimana teman-teman sudah diketahui kalau pada 17 Agustus sudah ada logo, dan hari ini maskot. Kami akan melakukan (kegiatan) ini sebaik-baiknya sebagai tuan rumah. Tentu kami akan menyiapkan segala sesuatunya sebagai tuan rumah yang dibutuhkan untuk event ini, dan kami akan berikan kesan yang baik supaya bisa menjadi kenangan bagi 23 negara lainnya mendatang" kata Amali.


Sementara Iriawan, Ketua Umum PSSI merasa bangga saat memperkenalkan maskot Bacuya ke publik. "Bacuya adalah milik semua orang, bukan hanya Indonesia. Menjadi tuan rumah FIFA U-20 World Cup akan berdampak besar bagi pertumbuhan sepakbola di Indonesia dan Asia Tenggara, dan Bacuya akan menginspirasi generasi baru penggemar sepakbola" kata Iriawan.


0 comments