Facebook Tuntut NYU Hentikan Penelitian Bagaimana Facebook Targetkan Iklan Politik

VONMAGZ, Jakarta- Facebook berharap dapat menghentikan proyek penelitian yang dilakukan oleh Universitas New York yang telah mengumpulkan data tentang praktik Facebook dalam praktik penargetan iklan politik. Proyek tersebut mengumpulkan data analisa informasi tentang iklan politik yang dilihat orang Amerika pada situs tersebut dan dilaporkan telah memiliki lebih dari 7000 relawan yang dirancang untuk memantau iklan politik yang mereka tampilkan.


"Tidak peduli seberapa baik niatnya, bukan cara yang diizinkan untuk mengumpulkan informasi dari data" ucap Allison Hendrix selaku divisi kebijakan privasi Facebook. Menurutnya, observatorium iklan NYU telah melanggar bagian tertentu yang melarang pengumpulan data massal dari situs tersebut. Jika NYU tidak mengentikan operasi dan menghapus informasi, Facebook memungkinkan akan mengambil tindakan penegakan hukum.

Pihak NYU Ad Observatory sendiri berharap dapat menciptkana alat yang dapat mencari iklan politik untuk menentukan audiens yang ditargetkan dan dari mana dana yang didapat di balik iklan tersebut. "Tidak dapat diterima bahwa di tengah pemilihan umum, Facebook mempersulit orang Amerika untuk mendapatkan informasi tentang iklan politik online" kata Amy Klobuchar dari minnesota kepada Wall Street Journal. Facebook sendiri telah mengumumkan bahwa perusahaan mereka akan menghentikan iklan politik menjelang November dan melarang semua iklan yang berhubungan dengan politik di hari pemilihan umum.

0 comments