Facebook Bayar $650 Juta Untuk Menyelesaikan Gugatan Pengawasan Pengguna Instagram melalui Kamera

VONMAGZ, JAKARTA- Facebook digugat atas tuduhan memata matai seluruh pengguna Instagram melalui smartphone mereka. Perusahaan raksasa tersebut membantah klaim tersebut dan menyalahkan bug yang katanya memicu informasi palsu bahwa Instagram sedang mengakses kamera iPhone. Pada bulan Juli lalu, para pengguna ramai memperhatikan bahwa simbol FaceTime bewarna hijau muncul setiap mereka membuka aplikasi Instagram.

Dok : Wired UK


Gugatan tersebut diajukan oleh pengguna Instagram bernama Brittany Conditty yang mengklaim bahwa akses kamera pada Facebook yang disengaja memungkinkan aplikasi untuk mengumpulkan data yang menguntungkan atas penggunanya yang justru tidak dapat mengakses hal tersebut. "Instagram dan Facebook dapat mengumpulkan hal yang menguntungkan dengan memperoleh data pribadi yang sangat pribadi dan intim tentang para penggunanya, termasuk privasi di rumah mereka sendiri" kata laporan tersebut. Conditty sendiri mengajukan gugatan di pengadilan federal San Fransisco, Amerika Serikat.


Facebook hingga kini tidak menanggapi komentar apapun. Tuduhan itu disusul dengan tuduhan bahwa Facebook secara ilegal menyimpan lebih dari 100 juta data biometrik pengguna Instagram. Perusahaan tersebut menawarkan untuk membayar $650 juta pada bulan Juli untuk menyelesaikan gugatan yang menuduhnya mengumpulkan data melalui kamera yang tersedia pada aplikasi. Seorang juru bicara Facebook mengatakan kepada CNN bahwa bug itu "secara tidak sengaja diperkenalkan" dan berjanji untuk memperbaiki masalah tersebut.

0 comments
  • Instagram