Facebook Bantah Penelitian Internal yang Menunjukkan Instagram Menghancurkan Mental Perempuan Remaja

VONMAGZ, Jakarta- Facebook tanggapi penelitian internal yang diterbiatkan oleh Wall Street Journal yang menyatakan bahwa perusahaan tersebut platformnya telah berdampak negatif pada mental perempuan remaja. Tim peneliti tersebut melaporkan dan menunjukkan bahwa 32% perempuan remaja merasa lebih buruk tentang tubuhnya karena Instagram dan Instagram gagal untuk menemukan solusinya.


Foto: Wall Street Journal


Namun pendiri Facebook, Zuckerberg mengklaim bahwa Instagram membuat para perempuan remaja justru merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri karena mengekspos tubuhnya di platformnya. Facebook juga mengklaim bahwa Wall Street Journal gagal menempatkan temuan spesifik dalam konteks dan penelitian yang dikutip 'tidak mengukur hubungan sebab akibat antara Instagram dan masalah dunia nyata'.


"Penelitian ini sebenarnya menunjukkan bahwa banyak remaja yang kami dengar merasa bahwa menggunakan Instagram membantuk mereka ketika mereka berjuang dengan berbagai momen sulit dan masalah yang selalu dihadapi para remaja" kata Raychoudhury selaku kepala keamanan Facebook di hadapan komite Senat Amerika Serikat. Lalu ia juga menilai bahwa klaim tentang kesendirian, kecemasan, kesedihan, hingga masalah makan justru dibuat lebih baik oleh Instagram. "Citra tubuh adalah satu satunya area dimana perempuan remaja yang melaporkan berjuang dengan masalah tersebut mengatakan Instagram membuatnya lebih buruk. Tapi disini juga, mayoritas gadis remaja yang mengalami masalah citra tubuh melaporkan bahwa Instagram membuatnya lebih baik atau tidak berdampak sama sekali untuk mereka" tambah Raychoudhury.

0 comments