Embrio Dinosaurus Ditemukan dan Akan Menetas di Ganzhou, China Selatan

VONMAGZ, JAKARTA- Ilmuwan China menemukan embrio dinosaurus yang sudah dipelihara lebih dari 20 tahun lalu di Ganzhou Cina selatan. Mereka mengumumkan embrio tersebut akan bersiap menetas dari telurnya.


Peneliti bernama Dr Fion Waisum Ma mengatakan embrio itu adalah embrio terbaik yang pernah ditemukan dalam sejarah dan diyakini sebagai dinosaurus theropoda ompong, atau oviraptorosaur dan diberi nama Baby Yingliang. Embrio di dalam telur dilaporkan berada dalam posisi melengkung. "Ini menunjukkan bahwa perilaku seperti itu pada burung modern pertama kali berevolusi dan berasal dari nenek moyang dinosaurus mereka" kata Dr Ma kepada AFP.

Photo Courtesy Lida Xing/Science


Bayi Yingliang berukuran panjang 10,6 inci (27cm) dari kepada hingga ekor dan berada di dalam telur sepanjang 6,7 inci ditemukan pertama kali pada tahun 2000 di the Yingliang Stone Nature History Museum in China. Para pekerja konstruksi 10 tahun lalu sedang menyortir fosil fosil dan menduga ada embrio di dalam salah satu fosil yang masih tertutup batu. Saat diperiksa lebih dekat, saat itulah para peneliti melihat beberapa tulang di bagian patahan salah satu telur.

0 comments