Elon Musk Juluki AI 'Iblis', Paus Minta Semua Berdoa Agar AI dan Robot Selalu melayani Manusia

VONMAGZ, Jakarta- Paus Fransiskus meminta orang di seluruh dunia percaya dan berdoa agar AI (Kecerdasan buatan) dan robot 'selalu melayani umat manusia'. Pernyataan Paus tersebut merupakan salah satu niat doa bulanan paus yang ia bagikan di Youtube yang dimaksudkan untuk membantu umat Katolik memperdalam doa harian mereka.

Getty


Di bulan April, paus berdoa dengan topik tentang 'kebebasan untuk kecanduan', di bulan Agustus topiknya adalah tentang 'dunia maritim', lalu sekarang di bulan November, Paus membahas mengenai 'AI dan Robot'. Pernyataan yang dilontarkan Paus berbanding terbalik dengan peringatan yang dinyatakan oleh Elon Musk CEO Tela yang terkenal membandingan pekerjaan kecerdasan buatan dengan menjuluki sebagai 'iblis'. Sedangkan Paus tidak mengkhawatirkan skenario kiamat yang dimana AI dirasa akan mengubah dunia dan dapat memperburuk ketidaksetaraan yang ada dunia. Dalam pesannya, Paus mengtakan AI berada di pusat perubahan yang kita saat ini alami dan robotika memiliki kekuatan untuk merubah dunia menjadi lebih baik. Namun hanya akan terjadi jika kekuatan tersebut dimanfaatkan dengan benar, katanya. "Memang, jika kemajuan tekonologi meningkatkan ketimpangan, namun itu bukanlah kemajuan yang sebenarnya. kemajuan di masa depan harus diorientasikan untuk menghormati martabat orang tersebut" ujar Paus.


Namun yang mengejutkan, di awal tahun ini Vatikan bekerja sama dengan Microsoft dan IBM untuk mendukung 'Panggilan Roma untuk Etika AI" yaitu sebuah dokumen kebijakan yang berisi enam prinsip umum untuk memandu penyebaran kecerdasan buatan. kebijakan itu termasuk transparasi, inklusi, ketidakberpihakan, dan keandalan. Semua atribut tersebut telah diterapkan dalam hal penerapan algoritme.

0 comments