Eks Menteri Kesehatan Terawan Dipecat IDI, Punya Terapi Cuci Otak dan Larang Warga Pakai Masker

Updated: Mar 27

VONMAGZ, Jakarta- Mantan menteri kesehatan dr Terawan Agus Putranto secara resmi diebrhentikan dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia pada Jumat (25 Maret) malam. Keputusan itu dibenarkan oleh Ketua Panitia Muktamar dr Nasrul Musadir Alsa yang pemecatan tersebut berdasarkan oleh keputusan Majelis Kehormatan Etik (MKEK). "Iya, dari hasil muktamar yang kami terima ya. Dari hasil yang kita terima yang diserahkan panitia memang begitu, MKEK iya" kata Nasrul.

Getty Images


Berdasarkan surat edaran berkop surat Majelis Kehormatan Etik Kedokteran Pusat Ikatan Dokter Indonesia, berisi tentang penyampaian Hasil Keputusan MKEK tentang Dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad. Didalamnya tertulis bahwa Dr. Terawan dinilai telah melakukan pelanggaran etik berat dan tidak melakukan itikad baik sepanjang tahun 2018 hingga tahun 2022.


Di sisi lain ada kontroversi-kontroversi Dokter Terawan yaitu metode cuci otak yang dilakukan langsung ke pasiennya. Terapi tersebut adalah untuk meningkatkan peredaran darah dalam otak pasien. Namun temuan itu masih menjadi perdebatan oleh sejumlah praktisi. Lalu kontroversi lain adalah terkait dengan larangan memakai masker di awal pandemi. Saat konferesi pers di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Suroso, Dr. Terawan juga pernah memarahi wartawan yang mengenakan masker.

0 comments