Dubes Myanmar Dikunci Hingga Dilarang Masuk Kantor di London Setelah Menyerukan Pembebasan Suu Kyi

VONMAGZ, Jakarta- Kyaw Zwar Minn selaku Duta Besar Myanmar untuk Inggris mengaku telah dikunci di luar kantornya dan tidak diperbolehkan masuk ke kedutaan setelah menyerukan pembebasan pemimpin yang ditahan oleh militer, Aung San Suu Kyi. Militer Inggris dilaporkan telah mengambil alih kedutaan dengan melarang dan mengunci dubes Myanmar dan juga mengusur para staf dari kedutaan dengan alasan bahwa mereka bukan lagi perwakilan negara.

Dok : AFP


Kyaw Zwar Minn memang telah dikenal sebagai salah satu loyalis pemimpin sipil Suu Kyi. "Saya telah dikunci. Ini semacam kudeta, di London. Anda dapat melihat bahwa mereka menempati gedung saya" kata Kyaw Zwar Minn saat berbicara dengan Kemenlu Inggris tentang situasinya, seperti yang dilansir oleh Reuters, pada Kamis (8/4). Setelah kantornya diamil alih,Kyaw Zwar Minn mencoba untuk mendapatkan akses ke kedutaan selama beberapa jam namun masih tidak diperbolehan masuk, bahkan staf di dalamnya juga tidak diizinkan keluar.


Pihak Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris mengatakan bahwa mereka kini tengah mencari informasi lebih lanjut menyusul insiden di kedutaan Myanmar di London.


0 comments
  • Instagram