Doni Salmanan Resmi Jadi Tersangka, Akui Jebak Member Lewat Konten YouTube

VONMAGZ, JAKARTA- Doni Salmanan selaku afiliator platform Quotex secara resmi ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan tindak pidana pencucian uang. Seperti yang dilaporkan oleh Bareskrim Polri, Doni telah menerima 80 persen keuntungan dari kekalahan member-nya. Keuntungan itu didapat dari para member-nya yang menggunakan referral milik Doni namun kalah atau merugi di Quotex. Member Doni diperkirakan ada 25.000 member di grup Telegram Doni Salmanan.

Photo Courtesy of Detik


Sementara di sisi lain, Polri juga mengatakan bahwa konten YouTube milik Doni dibuat seolah-olah untuk menjebak para korbannya. "80% dari kekalahan. Dia akan meberikan berita bohong bahwa 'mainlah dengan saya'. Terus dari video-videonya itu sebenarnya menjebak orang supaya main dan pada kenyataannya nggak ada yang pernah menang. Kalau di Telegram ada 25 ribu anggota. Itu bisa indikasi karena 25 ribu artinya yang ikut referral sama dia. Karena ikut sama dia pasti gabung Telegram" kata Kasubdit I Dittipid Siber Kombes Reinhard Hutagaol, Selasa (8 Maret).


Doni Salmanan juga dikatakan sudah mengakui perbuatannya di depan penyidik. "Dalam pemeriksaan tadi sangat kooperatif. Yang bersangkutan mengakui apa yang diperbuat dan memberi penjelasan dengan lancar terhadap penyidik" kata Karopenmas Mabes Polri Brigjen Ramadan saat konferensi Pers.


Dengan ini, Doni Salmanan dijerat dengan Pasal 45 Ayat 1 juncto 28 ayat 1 UU ITE ancaman 6 tahun, Pasal 378 KUHP, Pasal 3 ayat 3 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU. Ia terancam dipenjara selama 20 tahun. Sebelumnya Doni diperiksa polisi pada Selasa (8 Maret) selama 13 jam lamanya.

0 comments