Dituduh Meresahkan Warga Soal Isu LGBT dan Pajak, Kristen Gray Akhirnya Dideportasi Dari Indonesia

VONMAGZ, Jakarta- Kanwil Kemenkumham Bali secara resmi telah memutuskan untuk mendeportasi Kristen Antoinette Gray dan pasangan wanitanya Saundra Michelle Alexander dari Indonesia. Keduanya diusir setelah menyebarkan informasi yang dianggap meresahkan masyarakat. Informasi tersebut merupakan tentang Bali yang memberikan kenyamanan terhadap kaum LGBT, mengajak WNA keluar masuk negeri saat pandemi, dan menjual e-book melalui akun Twitternya yang menjadi viral. Sebelumnya netizen Indonesia juga sempat menyerang Kristen Gray lantaran ia diduga bekerja tanpa menggunakan visa yang sesuai, sehingga ia tidak pernah bayar pajak di Indonesia. "Tindak lanjut WN Amerika Serikat Kristen Gray dikenakan tindakan administrasi keimigrasian pendeportasian atau pengusiran" kata Jamaruli Manihuruk selaku Kemenkumham Bali saat konferensi pers di Kanim Imigrasi Denpasar, Selasa (19/01/2021).

Images : CNN Indonesia

Images : Kumparan


Berikut ini merupakan pernyataan dari perilisan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, seperti dikutip Rabu (20/01):

"Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar diduga WNA dimaksud telah menyebarkan informasi yang dianggap dapat meresahkan masyarakat, antara lain:

  1. LGBTQ (queer friendly) dimana di Provinsi Bali memberikan kenyamanan dan tidak dipermasalahkan;

  2. Kemudahan akses masuk ke wilayah Indonesia pada masa pandemi; Sehingga patut diduga melanggar pasal 75 ayat 1 UU No.6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian."

Images : her story

Kristen Gray kini memiliki status pemegang Izin Tinggal Kunjungan yang masih berlaku hingga 24 Januari 2021. Ia akan kena sanksi deportasi sesuai pasal 75 atay 1 dan ayat 2 huruf f UU No.6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

0 comments